Thursday, December 2, 2010

"Makan harus bersih, kalau enggak..."

...cowonya nanti brewokan lho
...cewenya nanti jerawatan lho

Pernah dengar kata-kata ini? "Ancaman" dari orang tua untuk anak-anaknya agar tidak menyisakan satu butirpun nasi di piring.


Well, aku dengar ini bukan dari orang tuaku, karena justru, aku hampir selalu diomelin (dulu sih) kalau makan terlalu bersih, "kayak orang kelaparan aja, makan sampai bersih gitu!". Tapi semakin lama (mungkin karena aku gak bisa ubah juga, udah mendarah daging dari kecil), akhirnya "omelan" itu berhenti, hehe.

Nah, kalau bukan dari orang tua, lalu aku terbiasa makan bersih dari siapa?

Dateback to my childhood, maybe? Aku gak inget waktu TK aku makan sampai bersih atau enggak, tapi dulu aku paling suka makan pakai kuah (apalagi katuk, tapi sekarang... nggak, wkwkwk), entah karena aku suka lihat piring yang bersih atau karena suka minum kuahnya, gak inget juga. Tapi aku inget satu kejadian di Dufan. Waktu itu, aku pergi ke Dufan bareng teman-teman gerejaku (mungkin aku sekitar kelas 3 atau 4 SD, dan yang dimaksud dengan "teman-teman gereja" itu adalah orang-orang yang berumur 5-25 tahun lebih tua dari aku) dan waktu makan (McD, kalau gak salah), aku makan gak sampai bersih (secara waktu itu aku emang gak bisa "kope" ayam sampai bersih) dan ditegurlah aku sama salah satu teman gerejaku itu (yang juga guru Sekolah Mingguku plus guru les pelajaranku). Dari situlah, aku benar-benar makan sampai bersih.

Hmm, gak penting ya? Hehe. Emang gak penting sih, tapi kenapa mendadak aku ketik postingan ini? Karena tadi waktu aku cuci piring (akibat mbak pulang kampung -,-), aku lihat piring papiku yang gak bersih, dan aku inget, mamiku dari dulu gak jerawatan; piring mamiku juga gak pernah bersih (dia yang biasa protes kalau aku makan sampai bersih) dan papiku gak pernah brewokan. Jadi, mitos itu sebenarnya gak berlaku donk? Hahaha...

No comments:

Post a Comment